/* Animation & Modelling 3d, 3dmax with Blender joki-blender: Animasi Linear (Orang berjalan) */ Animasi Linear (Orang berjalan)

Saturday, September 26, 2009

Animasi Linear (Orang berjalan)

Disadur dari tulisannya Mas Adhi Hargo(cadmus_sw@yahoo.com)

Animasi non-linear (Non-linear Animation/NLA) adalah salah satu fasilitas tambahan dalam
perangkat pemodelan/penganimasian 3D Blender. NLA terdiri atas penyusunan blok-blok tindakan, dan peletakan setiap blok dalam bingkai waktu. Sebuah blok tindakan dapat hanya berisi elemen-elemen dinamis yang relevan; misalnya, tindakan “berjalan” untuk objek antropomorfik hanya melibatkan kedua kaki untuk melangkah dan kedua tangan yang mengayun. Kompositor NLA adalah fitur Blender yang mendapat perbaikan antarmuka secara ekstensif sebagai hasil dari inisiasi Project Orange, sehingga penggunaannya dalam versi 2.4.x menjadi jauh lebih mudah dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.

Tulisan ini menjelaskan salah satu cara penggunaan fasilitas NLA dalam Blender; meskipun
Anda diasumsikan telah memahami fasilitas mendasar seperti navigasi dan manipulasi objek, serta teknik dasar pemodelan objek, saya tetap berusaha memberi penjelasan terhadap setiap langkah kerja pembuatan animasi ini, dari awal sampai akhir. Versi Blender yang digunakan adalah v2.4.2; antarmuka Blender masih tengah mengalami evolusi, sehingga bila Anda menggunakan versi Blender lain, Anda mungkin akan menemui fitur-fitur yang saya maksudkan di tempat yang berbeda dari yang saya jelaskan dalam kata maupun gambar. Sebagai konvensi, font Seperti Ini menandai label menu atau tombol dalam antarmuka Blender, font Ini menandai tombol keyboard atau kombinasinya, dan font Berikut Ini menandai label atau teks yang [dapat] ditentukan oleh pengguna.

Untuk kebih lengkapnya dan biar bisa dibaca offline PDF filenya bisa di unduh di bawah ini:

Animasi Linear.pdf

No comments:

Post a Comment